Kamis, 02 Juli 2020

Ciri Ciri Makhluk Hidup (2)

Pembelajaran 2


📖 Mari Membaca


Makhluk Hidup Membutuhkan makan

Ciri makhluk hidup berikutnya adalah membutuhkan makan. Makanan diperlukan makhluk hidup agar dapat menghasilkan energi, sehingga dapat beraktivitas sepanjang hari. Namun demikian jenis makanan antara makhluk yang satu dengan yang lain berbeda.


a. Biji-bijian

Beberapa hewan, hanya memakan biji-bijian. Misalnya: burung pipit, burung gereja, dan lain-lain.


b. Daging

Ada juga hewan yang hanya memakan daging, contohnya: burung elang, burung herring, burung bangkai, singa, harimau, dan lain-lain.


c. Tumbuhan

Ada juga hewan yang hanya memakan tumbuh-tumbuhan, misalnya: sapi, kambing, kerbau, kelinci, dan lain-lain.


Makhluk Hidup dapat Berkembang biak

Makhluk hidup juga dapat berkembangbiak. Perkembangbiakannya pun berbeda-beda. Berikut penjelasannya.


a. Hewan

Hewan dapat berkembangbiak dengan cara bertelur, melahirkan, dan bertelur-melahirkan. Contoh hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur antara lain: ayam ,bebek, burung, katak, ikan, dan lain-lain. Contoh hewan yang berkembangbiak dengan cara melahirkan antara lain; sapi, kambing, gajah, kuda, lumba-lumba, paus, anjing laut, singa laut, dan lain-lain.


b.    Tumbuhan

Tumbuhan juga dapat berkembangbiak. Cara perkembangbiakannya melalui, biji, tunas, stek, dan lain-lain.


Makhluk Hidup dapatBernapas

Makhluk hidup bernapas untuk mendapatkan oksigen. Saat menghirup napas, oksigen masuk ke dalam tubuh, ketika menghembuskan napas, karbondioksida keluar dari tubuh bersama dengan uap air. Alat pernapasan antara makhluk satu dengan yang lain berbeda.


a. Hewan

Alat pernapasan pada hewan yaitu:

  • Paru-paru 
  • Insang

b. Tumbuhan

Alat pernapasan pada tumbuhan disebut stomata/mulut daun.

 

 

Mari Berhitung


Adakah diantara kalian yang dapat menghitung banyak makhluk hidup yang ada di bumi? Tentu sulit untuk melakukannya, bukan? Nah, setelah tadi kita membaca tentang makhluk hidup, kali ini kita akan belajar menghitung banyak makhluk hidup. Susah? tunggu dulu. Coba perhatikan presentasi berikut.





Setelah kalian menyaksikan video pembelajaran tentang nilai tempat, sekarang coba tuliskan 2 bilangan ribuan, lalu tukarkan dengan temanmu. Cobalah untuk menuliskan nilai tempat bilangan milik temanmu dengan tepat. Bila masih salah, jangan ragu untuk mengulang. semakin sering kita mencoba, semakin cepat kita paham.


Semangat ya! 😉😉

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts