Rabu, 01 Juli 2020

Ciri Ciri Makhluk Hidup

Pembelajaran 1

🎶 Ayo Menyanyi

Hai anak-anak hebat. Sudah pernah mendengar lagu "Cicak" ? Coba perhatikan teks lagu "Cicak" berikut ini.

Hewan yang disebutkan pada syair lagu adalah cicak. Cicak merupakan makhluk hidup ciptaan Tuhan. Kita harus menyayangi makhluk ciptaan Tuhan.

Judul lagu di atas adalah “Cicak” karya AT. Mahmud. Coba perhatikan not angka dan syair yang di berada di dalam kotak berwarna hijau. Syair dalam kotak hijau, dinyanyikan lebih panjang daripada syair yang berada di luar kotak hijau. syair yang panjang terlihat dari not angka yang diikuti tanda titik di belakangnya. Coba perhatikan video berikut. 

Media Lintang. 2017. https://www.youtube.com/watch?v=7YPaiOolF1g. Dikses pada 30 Juni 2020 pukul 23.30

Setelah menyaksikan tayangan video, cobalah menyanyikan lagu “Cicak” dengan penuh percaya diri, ya. jangan lupa kirimkan videomu saat menyanyi pada wali kelas masing-masing.


📖 Mari Membaca

Makhluk hidup adalah semua makhluk yang memiliki ciri-ciri kehidupan. Hewan, tumbuhan dan manusia merupakan makhluk hidup, karena memiliki ciri-ciri kehidupan. Ciri-ciri kehidupan antara lain; bernapas, bergerak, berkembangbiak, membutuhkan makan, dan tumbuh. Berikut ini penjelasannya.

Makhluk Hidup dapat Bergerak
Makhluk hidup dapat bergerak, arrtinya dapat berpindah tempat. Cara bergerak antara makhluk yang satu dengan yang lain belum tentu sama. Berikut penjelasannya:

Hewan
a. Berjalan
Berjalan artinya melangkahkan kaki. Ewan yang bergerak dengan cara berjalan misalnya: sapi, kerbau, kucing, ayam, kambing, dan lain-lain.

b. Melompat
Melompat artinya melentingkan kaki sehingga tubuh terangkat dan berpindah tempat. Hewan yang bergerak dengan cara melompat misalnya: kangguru, katak, dan lain-lain.

c. Terbang
Terbang artinya mengepakkan sayap untuk berpindah tempat. Hewan yang bergerak dengan cara terbang antara lain: burung, kelelawar, capung, kupu kupu, belalang, lebah, dan lain sebagainya.

d. Berenang
Berenang artinya menggerakkan sirip dan ekor agar dapat berpindah tempat. Hewan yang bergerak dengan cara berenang antara lain: ikan, kuda laut, paus, lumba lumba, kecebong, dan lain-lain.

Tumbuhan
Tumbuhan bergerak dengan cara pertumbuhannya mengarah ke cahaya matahari. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa melakukan percobaan berikut.

Alat&Bahan 
1. 2 gelas bekas air mineral
2. Kapas/tanah
3. 10 biji kacang hijau/kedelai
4. Air secukupnya 

Langkah-langkah
1. Letakkan kapas pada dasar gelas/masukkan tanah ke dalam gelas
2. Masukkan 5 butir biji kacang hijau/kedelai ke dalam masing-masing gelas.
3. Siram dengan air secukupnya
4. Letakkan 1 gelas di tempat yang terkena sinar matahari
5. Letakkan gelas lain pada tempat yang tidak terkena sinar matahari
6. Amati selama 5-7 hari.
 
Setelah 5-7 hari kalian akan menemukan perbedaan pada tanaman yang tumbuh dalam kedua gelas tersebut. Selamat mencoba...  


📝 Ayo Berlatih

1. Nama pencipta lagu "Cicak" adalah ....
2. Nada panjang ditandai dengan adanya tanda ... di belakang not angka.
3. Tuliskan 2 jenis hewan yang bergerak dengan cara terbang!
4. Tuliskan 2 jenis hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts