Senin, 06 Juli 2020

Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia (2)

Pembelajaran 2

👀 Mari Menyimak
        Manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan mulai dari bayi hingga saat dewasa. Salah satu contoh perkembangan adalah kemajuan kecerdasan. Misalnya seorang anak saat kelas 1 bisa berhitung sampai bilangan puluhan, ketika kelas 2 ia dapat berhitung sampai bilangan ratusan, kemudian saat kelas 3 anak itu dapat berhitung sampai bilangan ribuan. 
        Pada pembelajaran sebelumnya kita sudah belajar penjumlahan tanpa menyimpan, nah untuk kali ini kita akan belajar dengan teknik menyimpan. Perhatikan video pembelajarn berikut.


SD, Video Pembelajaran. 2020. https://www.youtube.com/watch?v=KWuCMPEGqBc

        Ingat, urutan menjumlahkan dimulai dari satuan, lalu puluhan, dilanjutkan dengan ratusan, kemudian ribuan. Semoga degnan menyimak video, kalian semakin memahami cara menjumlahkan dengan teknik menyimpan.

📖 Mari Membaca

        Pertumbuhan dan perkembangan manusia yang satu berbeda dengan manusia yang lain, ada beberapa faktor yang mendorong pertumbuhan dan perkembangan manusia. Selengkapnya dapat kita baca pada teks berikut.

Faktor yang Memengaruhi pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

1. Sifat yang diwariskan Orangtua
        Wajah dan karakteristik anak, biasanya mirip dengan orangtuanya. Misalnya, rambut, warna kulit, postur tubuh, dan lain-lain. Sebagai contoh; anak yang terlahir dari orangtua bertubuh tinggi, akan memiliki kemungkinan besar untuk tumbuh tinggi.

2. Makanan
        Makanan yang bergizi dan seimbang akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan manusia. Makanan bergizi seimbang artinya makanan yang mencukupi kebutuhan kalori harian. Makanan bergizi seimbang harus mengandung karbohidrat, protein, serat, dan vitamin. Karbohidrat bisa di dapatkan dari nasi, kentang, gandum, jagung, dll.. Protein bisa di dapatkan dari konsumsi ikan, daging, kacang-kacangan, dsb.. Serat dan vitamin bisa didapatkan dari mengkonsumsi sayuran dan buah.


3. Istirahat
        Manusia memerlukan istirahat yang cukup agar metabolisme tubuh lancar. Untuk usia anak sekolah, istirahat yang cukup adalah 10 jam; 8 jam tidur di malam jari, dan 2 jam tidur siang.
4. Olahraga dan Rekreasi
        Manusia perlu melakukan olahraga agar tubuh sehat dan bugar. Selain itu rekreasi juga penting untuk memberikan kesehatan rohani.
 


📝 Mari Berlatih

Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
  1. Hasil penjumlahan dari 1.578  +  1.315 = .....
  2. Hasil penjumlahan dari 2.560  +  2.150 = .....
  3. Mengapa kita perlu berolahraga?
  4. Faktor apa saja yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan manusia?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts