Jumat, 10 Juli 2020

Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia (3)

Pembelajaran 3

📖Ayo Membaca
Dalam pertumbuhan dan perkembangannya, manusia memerlukan waktu untuk olahraga dan rekreasi. Salah satu kegiatan yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan jiwa dan raga adalah dengan melakukan gerakan tari.
Ada dua jenis gerakan dalam tarian yaitu gerak kuat dan gerak lemah. Gerak kuat adalah gerakan yang dilakukan dengan hentakan tangan atau kaki kuat, sedangkan gerakan lemah, adalah gerakan yang dilakukan dengan hentakan lemah.
Contoh gerakan kuat dalam tarian misalnya melompat, menghentakkan kaki, menghentakkan tangan, dan lain sebagainya. Sedangkan contoh gerakan lemah antara lain mengayunkan lengan, mengayunkan kaki, menirukan gerak sayap yang lemah lembut, menirukan ayunan kaki yang lembut, dan lain sebagainya.

🔎 Mari Mengamati
 
Amatilah video berikut, kemudian coba temukan gerakan kuat dan gerakan lemah dalam tarian ini!
 

        Apakah kamu melihat ada gerak lemah dan gerak kuat dalam video tadi? Kalian juga bisa mencoba menirukan gerak tari “Kupu-kupu”, lho. Berlatihlah bersama ayah, ibu, kakak, atau adik. Kemudian bagikan video kalian pada bapak/ibu guru ya.

📖Ayo Membaca
        Setelah kalian berlatih tari “Kupu-kupu” tubuh akan terasa lelah. Kalian merasa haus. Untuk menghilangkan dahaga dan lapar setelah berlatih, tubuh membutuhkan asupan makanan. Artinya kalian harus makan. Makan makanan yang bergizi dan secukupnya, dapat mengembalikan kebugaran tubuh. Minum air putih secukupnya juga dapat mengembalikan cairan ubuh yang hilang setelah melakukan aktivitas fisik.
        
        Menurut kalian, makanan dan minuman apa saja yang sebaiknya dikonsumsi setelah melakukan aktivitas fisik seperti menari dan olahraga? Tuliskan jawabanmu pada tabel berikut.
 No. Makanan setelah aktivitas fisik Minuman setelah aktivitas fisik
  
  
  
  
 
 
🔎 Mari Mengamati
 Perhatikan gambar gambar makanan berikut.





Menurut kalian, makanan manakah yang mengandung gizi seimbang? Jelaskan alasan kalian!
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts