Kamis, 02 Juli 2020

Ciri Ciri Makhluk Hidup (3)

Pembelajaran 3

📖 Mari Membaca

Makhluk Ciptaan Tuhan


        Tuhan menciptkan bumi dan segala isinya. mulai dari manusia, hewan, tumbuhan, lautan, daratan, semua Ia ciptakan. Semua makhluk hidup adalah ciptaan Tuhan, maka kita harus bersyukur kepada Tuhan, sebab dengan adanya makhluk hidup selain manusia, kita dapat mencukupi kebutuhan hidup dan saling menjaga, serta melestarikan alam ciptaan Tuhan. 
        Hewan dan tumbuhan banyak memberi manfaat bagi manusia. Hewan bermanfaat bagi manusia karena dengan adanya hewan, manusia dapat mengkonsumsi, daging, telur, susu, madu, dan lain sebagainya. Tumbuhan pun tak kalah bermanfaat. Dengan adanya tumbuhan, manusia mendapat asupan vitamin dari sayuran, buah, umbi, dan lain sebagainya. Masih banyak manfaat hewan dan tumbuhan bagi manusia yang tidak dapat disebutkan satu per satu. 

        Bersyukur kepada Tuhan atas rahmat hewan dan tumbuhan yang ada di sekitar kita, merupakan salah satu pengamalan Pancasila yaitu sila pertama; Ketuhanan Yang Maha Esa. Sila pertama pada Pancasila dilambangkan dengan gambar Bintang. Bintang menjadi salah satu sumber cahaya yang menerangi langit pada malam hari. Selain itu untuk melihat bintang kita harus mendongakkan kepala ke atas. Hal itu mengingatkan kita pada Tuhan, yang di yakini ada di atas kita semua.

📝 Mari Berlatih
Kerjakan latihan berikut dengan teliti!
1. Tuliskan manfaat 2 manfaat pohon pisang yang kamu ketahui!
2. Sekarang, cobalah mencari referensi bacaan dari sumber lain, tentang arti lambang sila pada Pancasila. Setelah itu, sampaikan penemuanmu dalam bentuk video singkat berdurasi 1-2 menit, lalu kirimkan pada wali kelas. Selain itu bisa juga kalian unggah video kalian pada laman facebook/instagram/youtube dengan bantuan orangtua, kemudian kirimkan link-nya pada wali kelas. 

    Semangat selalu anak-anak hebat! Kalian luar biasa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts